Tokoh
- Anthony Fokker (1890-1939)yang biasa dipanggil Tony lahir di Blitar,Jawa Timur,pada April 1890.Saat usia 20 tahun(1910),Tony membuat pesawat pertamanya yang diberi nama Spin.Itu merupakan pesawat pertama buatan Belanda.Pada tahun 1912,Tony mendirikan perusahaan pesawat Fokker Aeroplanbau di Kota Berlin,yang kemudian pindah ke Kota Schwerin,Jerman.
Sejarah
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara ini diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di sekitar Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910.
Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh
sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II.
Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik
dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan
transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun
1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.
Deskripsi
Di Amerika Serikat, Penerbangan pesawat pertama kali dilakukan oleh
Wright bersaudara pada 1903. Mereka merancang pesawat sendiri. Pesawat
ini hanya cukup untuk satu orang.
Di Inggris, seorang penemu pesawat terbang bernama Samuel F. Cody
berhasil melakukan penerbangan pada 1910. Waktu itu, bentuk pesawat yang
diciptakan masih sangat sederhana. belum seperti yang bisa dinikmati
saat ini.
Setelah Perang Dunia I, masa penerbangan sipil mulai tumbuh dan
mengalami perkembangan cepat. Akhirnya banyak pesawat yang diproduksi
untuk transportasi sipil. Selain itu, mulai juga bermunculan perusahaan
penerbangan di Eropa dan Amerika.
Seiring perkembangan zaman, bentuk dan mesin pesawat terbang mulai
disempurnakan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan transportasi
udara. Pada 1949, dibuatlah pesawat komersial. Pesawat ini ukurannya
lebih besar daripada pesawat-pesawat sebelumnya.
Sistem Dalam Pesawat Terbang
Pesawat terbang adalah sistem yang kompleks. Pada tahap desain dan
dalam manual penerbangan dan pemeliharaan (digunakan oleh teknisi pilot
dan pemeliharaan) itu terbagi menjadi sistem sederhana yang melaksanakan
fungsinya masing-masing.
Berikut ini adalah beberapa sistem dalam pesawat terbang :
- Electrical Sistem
- Hydraulics Sistem
- Navigation Sistem
- Flight controls Sistem
- Ice protection (antiicing and deicing) Sistem
- Cooling Sistem
Klasifiksai Pesawat Terbang
Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara,
bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum
istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau
kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama
sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam
dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat
udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah
mencakup pesawat terbang dan helikopter.
Ada dua klasifiksai pesawat terbang. Pertama, pesawat yang lebih
berat daripada udara (aerodin). Pesawat yang termasuk jenis ini, yaitu
autogiro, helikopter, dan pesawat bersayap tetap. Kedua, pesawat yang
lebih ringan daripada udara (aerostat). Pesawat yang termasuk dalam
jenis ini di antaranya kapal udara.
Pesawat Eksperimental
Pesawat ini merupakan pesawat yang sedang mengalami proses pengujian.
Pesawat jenis ini pada umumnya mempunyai bentuk sedikit berbeda dan
istimewa. Konsep dan desainnya baru. Selain itu, pesawat ini belum
dipakai secara massal.
Pesawat Penumpang Sipil
Pesawat jenis ini merupakan pesawat udara yang berfungsi mengangkut
penumpang. Pesawat penumpang sipil ini mempunyai kapasitas yang
berbeda-beda.
Pesawat Angkut
Pesawat ini berfungsi untuk mengangkut barang dan mengangkut berbagai
jenis komoditi. Pesawat ini sering juga disebut pesawat kargo. Pada
umumnya pesawat kargo adalah pesawat penumpang yang dimodifiksai. Tapi,
ada juga pesawat yang khusus dibuat untuk pengangkutan barang, misalnya
pesawat jenis Boeing 747 Large Cargo Freighter.
Pesawat angkut biasanya dipakai oleh sipil dan militer. Keduanya
mempunyai armada masing-masing. Pihak militer biasanya menggunakan
pesawat ini untuk mengangkut kendaraan perang, senjata, dan tentara.
Pesawat Militer
Pesawat militer merupakan pesawat yang berfungsi untuk berbagai keperluan militer. Jenisnya pun bermacam-macam.
- Pesawat tempur.
- Pesawat ini didesain untuk melakukan penyerangan. Sasaran penyerangan biasanya adalah pesawat musuh. Karakter pesawat ini lincah dan cepat.
- Pesawat tempur latih.
- Pesawat ini digunakan latihan oleh calon-calon pilot, baik sipil ataupun militer. Pesawat ini dirancang tidak bersenjata. Pesawat jenis ini mempunyai dua tempat duduk, yaitu untuk pilot dan co-pilot.
- Pesawat intai.
- Pesawat ini berfungsi untuk mengintai lawan dan mengumpulkan data-data intelijen.
Pesawat terbang mempunyai bahan bakar khusus, akan tetapi selidik
punya selidik pesawat menggunakan dua jenis bahan bakar yaitu Avgas dan
aviation kerosine. Seperti juga mobil, pesawat terbang butuh bahan
bakar. Energi yang dilepas dipakai untuk menggenjot piston dan turbin
agar kendaraan tersebut bisa melaju. Jika pesawat bermesin piston
menggunakan aviation gasoline alias avgas, sedangkan pesawat penyandang
mesin turbin menggunakan aviation kerosine. Beda dari kedua jenis bahan
bakar ternyata ada pada sifat titik didih. Avgas yang sejatinya adalah
campuran minyak tanah dengan hidrokarbon cair berkisar antara 32-220
Celcius. Sementara aviation kerosine lebih tinggi, yakni antara 144-252
Celcius.
Pembedaan ini paling tidak muncul sebagai syarat baku lantaran metal
ruang bakar mesin punya toleransi beragam terhadap panas hasil
pembakaran. Mesin piston, sebagaimana laiknya dapur pacu generasi awal,
jauh lebih rentan ketimbang mesin turbin yang terbuat dari metal jenis
terbaru. Itu sebab, mesin pesawat DC-3 Dakota yang walau hingga kini
masih terbang, misalnya, tetap tak bisa beranjak dari avgas.
Jadi, jika penerbangan jarak jauh ingin dipersingkat, pesawat terbang
tak bisa lagi tergantung pada mesin piston. Pemecahannya mau tak mau
dengan mesin turbin (turbojet, turbofan, atau turboshaft), yang pada
akhirnya menuntut jenis bahan bakar lain yang lebih berenergi. Maka
diramulah aviation kerosine.
Namun, sejalan dengan semakin canggihnya mesin turbin itu sendiri,
aviation kerosine mengalami beberapa perombakan. Jenis pertama, Jet A,
misalnya, hanya cocok digunakan untuk mesin jet generasi awal dengan
struktur mesin yang masih sederhana.
Namun, apa boleh buat, avgas semakin ketinggalan zaman karena tak
mampu memacu pesawat menerobos batas kecepatan subsonik. Mirip seperti
yang dipertentangkan antara mobil rumahan dan mobil balap, yang terakhir
ini tentu perlu bahan bakar khusus yang mampu menimbulkan panas lebih
tinggi.
Pesawat Terbang Komersial Terbesar
Airbus A380 merupakan pesawat terbang komersial yang diproduksi oleh
perusahaan Airbus S.A.S. Pesawat ini adalah pesawat terbang komersial
yang memiliki dua tingkat dan empat mesin. Pesawat ini dirancang untuk
mengangkut penumpang sebanyak 850 penumpang dengan satu kelas
penerbangan atau 555 penumpang dengan tiga kelas penerbangan.
Pesawat terbang komersial jenis Airbus A380 ini melaksanakan
penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan menjalanai penerbangan
komersial perdana pada akhir 2007. Pesawat terbang komersial ini
merupakan pesawat penumpang terbesar yang pernah dibuat dan mendapat
julukan Superjumbo. Airbus A380 memiliki empat mesin buatan Rolls-Royse
Trent-900. Mesin ini dapat menghasilkan daya dorong sebesar 36.280kg.
Peluncuran pesawat terbang komersial ini pertama kali dilakukan pada
Januari 2005. Airbus A380 ini melaksanakan penerbangan pertamannya dari
Blagnac Toulouse Internasional Airport, Toulouse, Prancis, dan mendarat
kembali di bandara yang sama.
0 komentar:
Posting Komentar